Minggu, 18 November 2012

PROLOG


Assalamu’alaykum...

“Bekerjalah untuk duniamu seakan – akan kamu hidup selamanya. Dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan – akan kamu mati esok”. (Hadits Riwayat Turmudzi)

Apa kabar saudara dan saudariku seiman dan sepertanian???
Semoga dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, amiiiiiiinnn..

Hmmm... Pasca UTS ini pasti kita semua disibukkan dengan aktivitas kuliah dan nge-Lab yang super duper padat bangett. Mulai dari tugas kuliah yang satu persatu hadir, sampe bahan lab dan literatur yang udah jadi makanan sehari-hari.
Dan ini yang nggak ada habisnya...... JURNAL !!!!!!!
Ya iyalah, namanya juga FP = Fakultas Perjurnalan *Eeh
Tugas, Literatur, Bahan Praktikum, jurnal, Laporan, dan ACC akan senantiasa meramaikan ‘TIMELINE’ kehidupan kita di Fakultas Pertanian ini.
Kadang (bahkan sering) semua itu bikin kita jadi bosan, jenuh, mual, capek, letih, lesu, lemah ,lunglai, dan GALAU !! Semua rasa itu bercampur jadi satu. Rasanya pengen teriak sekeras mungkin, rasanya nggak kuat menghadapi semua ini. Bahkan sering juga terlintas di benak kita kalimat seperti ini :
“aku pengen ikut SNMPTN lagi supaya penderitaan ini segera berakhir....!!!”
Atau mungkin kalimat ini :
“Seandainya aja aku masuk fakultas A, fakultas B, jurusan ini, kampus itu, pasti begini begitu bla bla bla bla....”
Dan segala macam kalimat-kalimat ‘PENYESALAN’ lainnya.
Waduh! Jangan dilanjutkan ya akhi-ukhti berandai-andai seperti itu. Lho emang kenapa?? Nggak boleh ya berandai-andai??
Iya! Emang nggak boleh berandai-andai. Sebab berandai-andai itu membuka peluang SETAN untuk masuk dan membuat kita LUPA BERSYUKUR terhadap nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.
Rasulullah SAW bersabda,
“Apabila ada sesuatu menimpamu maka janganlah berkata ‘Seandainya saja saya bertindak begini tentu hasilnya begini.’ Tetapi katakanlah ‘Allah telah mentakdirkan dan apa saja yang dikehendaki-Nya pasti terjadi.’ Karna seandainya itu membuka pintu masuknya setan. ”
(H.R. Muslim)

Karena kalau ditelusuri detail demi detail, pasti Allah SWT punya rencana yang indah sehingga Dia menempatkan kita di FP ini. Kita hanya perlu berpikiran baik saja terhadap rencana-Nya.Allah itu Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita, termasuk dalam hal menempatkan kita di Fakultas untuk kita menimba ilmu. Seringnya Allah itu memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.
Firman Allah SWT :
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia buruk bagimu. Allah Maha Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” 
 (Q.S. Al-Baqarah : 216)

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…” 
(QS. Al Baqarah {2} 286).

Ini adalah jaminan dari Allah, dan pasti benarnya. Jadi bila ada dari kita yang masih merasa tidak kuat menerima ujian atau ketetapan-Nya yang terasa berat dan menyakitkan kita, maka berati kita tidak percaya dengan firman Allah dan secara tidak langsung kita telah menuduh Allah sebagai pembohong. Astaghfirullah…

Terus harus gimana dong menjalani KEHIDUPAN ALA ANAK PERTANIAN?????
Hahahaha, tenang aja akhi/ukhti...
kalo katanya anak Pertanian “LEWATNYA SEMUA INI KAWAAAAN.....”
Kalo katanya dosen Pertanian “It’s just a moment!”
Tapi emang bener lhooo, semua itu bakalan terlewati. Semua itu ada masanya. Kita hanya perlu bersabar dan bertawakal. Terus berusaha SEMAKSIMAL mungkin, keluarkan POTENSI TERBAIK dan jangan lupa BERDOA sama Allah SWT.

” Dan mintalah pertolongan ( kepada ) Allah dengan sabar dan sholat. Dan sesungguhhya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusu’ , ( yaitu ) orang-orang yang menyakini , bahwa mereka akan menemui Robb-nya dan bahwa mereka akan kembali kepad-Nya ” 
( QS Al Baqarah : 45 -46 )

Semua perjuangan kita ini tidak akan Sia-sia akhi/ukhti. Segalanya akan terbayar. Dan pastinya semua MOMENT yang sedang kita lewati ini kelak akan menjadi UNFORGETTABLE MEMORIES. Bersabarlah, Semua akan indah pada waktunya

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”

Naaah... untuk menambah kecintaan kita pada dunia perkuliahan ini, mulai sekarang yuk mari kita ubah paradigma kita bahwa FP itu bukan Fakultas Perjurnalan atau Fakultas Persenioran. Mari kita lihat FP dari sisi lain. Bahwa FP itu adalah
FP = Fakultas Pesantren, karena mahasiswa/i nya banyak yang jadi Dai/pendakwah
FP = Fakultas Penulis, karena mahasiswa/i nya banyak yang jadi penulis hebat
FP = Fakultas Pengusaha, karena mahasiswa/i nya akan jadi pengusaha sukses
FP = Fakultas Pilihanku...!!!

Dan Mari sama-sama berdoa  Semoga Allah SWT selalu memberikan kita kesehatan, kekuatan, dan kesabaran agar kita mampu melewati semua ini. Yakinlah dalam keadaan apapun Allah SWT selalu bersama kita.
Semangaaaaaaaaaaaaaaaaattttt.....!!!!
Kita Satu Pertanian....!!!
ALLAHU AKBAR.....!!!!

Wassalamu’alaykum

_Ryrien Indriyati_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar